Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Istilah ‘statistika’ (bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan ‘statistik’ (statistic). Statistika sangat berperan diberbagai bidang dan setiap jenjang pendidikan perlu mengenal tentang konsep statistik. Dengan demikian statistik perlu diperkenalkan ke masyarakat luas.

Salah satu bidang ilmu di statistika adalah tentang aplikasinya pada bidang riset pemasaran. Riset pemasaran adalah kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, perumusan tujuan penelitian, pengumpulan data, pengumpulan data, pengolahan data dan interpretasi hasil penelitian (Kotler dan Amstrong, 2012). Statistika berperan dalam penggunaan metode statistika untuk analisis data pasar dan memberikan informasi tentang strategi-strategi untuk mengembangkan pasar. Banyak metode statistika yang telah berkembang untuk membantu analisis riset pasar. Dari statistika deskriptif dan inferensia yang meliputi pemodelan hingga peramalan.

Salah satu media yang sangat menguntungkan bagi peningkatan pasar adalah sosial media. Sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu (Afifah, 2015). Teknologi ini sangat memiliki peran penting untuk menigkatkan usaha/wirausaha (hasil penjualan).

Terdapat banyak warga yang memiliki usaha di wilayah RT 37/ RW 13 Malangan, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta. Mereka memiliki banyak peluang untuk mengembangkan usahanya. Dengan demikian, mereka perlu mendapatkan materi terkait pentingnya riset pasar dan penggunaan media sosial untuk meningkatkan penjualannya. Untuk mendukung hal tersebut maka dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di wilayah RT 37/ RW 13 Malangan, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta. Kegiatan ini adalah berupa pemberian pelatihan penggunaan riset pemasaran dan teknologi media sosial bagi ibu-ibu anggota PKK di wilayah tersebut.

Pelaksanaan Kegiatan pengabdiaan masyarakat pada hari Sabtu, 10 November 2018 yang bertempat di Gedung Pertemuan Balai RT 37/ RW 13 Malangan, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta. Jumlah peserta 39 orang yang terdiri dari anggota PKK RT 37/ RW 13 Malangan. Materi pelatihan diberikan secara tutorial maupun praktek secara langsung yang dibimbing oleh pelaksana Abdimas, yaitu Rokhana Dwi Bekti, S.Si, M.Si dan dibantu oleh asisten sebanyak 2 mahasiswa

 

foto1 IMG-20190121-WA0004 IMG-20190121-WA0005 IMG-20190121-WA0006

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here