IMG-20171221-WA0002

Jurusan Statistika pada Fakultas Sains Terapan IST AKPRIND Yogyakarta menyelenggarakan Seminar dan Pelatihan AKtuaria bagi mahasiswa, Selasa (19/12) di Auditorium IST AKPRIND. Walaupun istilah aktuaria ini lebih umum didengar oleh mahasiswa di bidang Matematika dan Statistika, namun Seminar dan pelatihan aktuaria tersebut juga terbuka bagi mahasiswa program studi lainnya. Jurusan Statistika yang bekerjasama dengan Himasta (Himpunan Mahasiswa Statistika) menghadirkan narasumber yang sangat kompeten pada bidang aktuaria.

Dr. Asteria Diantika, S.H, M.M selaku kasubbag Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK serta Dr. Aditya Ronny Effendi, M.Sc.dosen Departemen Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Gadjahmada dihadirkan oleh panitia sebagai Narasumber. Dalam Seminar yang bertajuk “Peran OJK dalam mencetak Aktuaris di Industri Asuransi Indonesia” diikuti oleh hampir seluruh mahasiswa dan dosen Statistika IST AKPRIND. Dr. Asteria Diantika, S.H, M.M mengungkapkan, saat ini Indonesia masih sangat kekurangan dan sangat membutuhkan aktuaris. Kebanyakan perusahaan mendatangkan seorang aktuaris dari luar negeri. Menurut data statistik, kebutuhan pekerja sebagai seorang aktuaris maupun statistisi merupakan pekerjaan yang selalu masuk dalam 10 besar sejak tahun 2011. Hal tersebut bukan hanya dari segi banyaknya jumlah lowongan tetapi juga karena besarnya perolehan income. Sementara Dr. Aditya Ronny Effendi, M.Sc.lebih menekankan pada sensivitas anak muda terhadap Teori Probabilitas dan Statistika dalam Aktuaria. Saat ini banyak perangkat lunak yang dapat dijadikan alat untuk membantu mahasiswa melakukan Probabilitas dan Statistika. Beliau juga berharap mahasiswa untuk dapat berinvestasi sejak dini. Namun juga harus selektif dalam memilih investasi sehingga dalam malakukan investasi tetap dengan mengedepankan prinsip legal dan logis.

Aktuaris adalah seorang ahli yang dapat mengaplikasikan ilmu keuangan dan teori statistik untuk menyelesaikan persoalan-persoalan bisnis aktual. Persoalan ini umumnya menyangkut analisis kejadian masa depan yang berdampak pada segi finansial, khususnya yang berhubungan dengan besar pembayaran pada masa depan dan kapan pembayaran dilakukan pada waktu yang tidak pasti.Secara umum, aktuaris bekerja di bidang: konsultasi, perusahaan asuransi jiwa, pensiun, dan investasi. Aktuaris juga sedang merambah di bidang-bidang lainnya, dimana kemampuan analitis diperlukan. (tdj)

From : http://akprind.ac.id/peran-ojk-dalam-mencetak-aktuaris-di-industri-asuransi-indonesia/

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here