Penularan Covid 19 di Indonesia hingga saat ini masih tergolong tinggi. Setiap hari berdasarkan rilis yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nasional tercatat masih berada di atas 1000 kasus. Sementara untuk Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, setiap hari juga masih terdapat penambahan kasus positif. Hal tersebut juga berdampak pada pembelajaran kepada mahasiswa IST AKPRIND Yogyakarta pada Tahun Akademik (TA) 2020/2021 yang akan dimulai pada September mendatang.

pembelajaran-daring-akprind

Sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran mata rantai Covid 19, adalah menjaga jarak dan menghindari adanya pertemuan atau berkupulnya orang banyak.  Sehingga kegiatan pembelajaran IST AKPRIND TA 2020/2021 masih akan diselenggarakan secara daring (online). Informasi tersebut berdasarkan Surat Edaran Rektor Nomor : 013/SE/Rek/VIII/2020 tentang Pelaksanaan Perkuliahan Semester Gasal Tahun Akademik 2020/2021. Berdasarkan Surat Edaran tersebut semua perkuliahan pada Semester Gasal TA 2020/2021 akan diselenggarakan secara daring (online) baik synchronous maupun asynchronous. Konten pembelajaran nantinya bukan hanya akan dilengkapi dengan materi audio maupun video terutama materi yang menerlukan penjelasan secara audio maupun visual. Konten pembelajaran menggunakan platform lms.akprind.ac.id

Sebagai upaya untuk mempersiapkan perkuliahan secara daring menjadi lebih matang, IST AKPRIND melalui Badan Pengembangan Pendidikan dan Aktivitas Instruksional (BP2AI) serta Badan Perencanaaan, Pengembangan Dan Pelayanan Sistem Informasi (BP3SI) terus meningkatkan kemampuan dosen melalai berbagai pelatihan. Salah satunya adalah pertemuan yang bertajuk Persiapan Perkuliahan Berbasis Learning Management System (LMS) bagi Dosen IST AKPRIND Yogyakarta di Auditorium IST AKPRIND, beberapa waktu yang lalu, serta dilanjutkan dengan ToT terhadap beberapa dosen.

pembelajaran-daring-akprind-2

Perkuliahan secara daring dengan menggunakan LMS melalui Situs Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) telah dilakukan sejak Covid 19 melanda dan pemberlakuan bekerja dari rumah pada bulan Maret 2020. Hingga kini sistem yang digunakan terus dikembangkan agar lebih mudah digunakan baik oleh dosen maupun mahasiswa. Dosen sebagai pengisi materi perkuliahan diharapkan terus melakukan inovasi agar materi yang diunggah menarik dan tidak membosankan bagi mahasiswa. Sehingga kreasi dari masing-masing dosen dalam mengunggah materi diharapkan mampu dengan mudah dipahami oleh mahasiswa seperti layaknya saat perkuliahan diselenggarakan secara tatap muka. Sebab perkuliahan secara daring pada TA 2020/2021 bukan hanya melibatkan mahasiswa yang telah aktif atau mahasiswa lama saja, namun juga melibatkan mahasiswa baru yang masih pada tahun 2020 ini.

Situs Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) ini merupakan sistem pembelajaran di Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta berbasis daring yang terhubung langsung dengan internet serta didukung dengan konten-konten terkini dalam bentuk digital. Baik dosen maupun mahasiswa dengan hak akses masing-masing dapat mengakses melalui laman lms.akprind.ac.id

Sumber : https://akprind.ac.id/

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here