foto2foto3

Pada tahun 2018 ini, tim dosen di Jurusan Statistika mendapatkan dana Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi (PKPT) dari Kemenristek Dikti dengan judul ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS UDARA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE SPASIAL. Tujuan penelitian ini adalah : Mengetahui kualitas lingkungan hidup di DIY dan factor yang signifikan berpengaruh, 2)memprediksi kualitas udara dan dampaknya secara tepat dan akurat sesuai kaidah ilmiah statistik dan aspek spasial atau geostatistik, Sehingga hasilnya dapat memberikan informasi penting dalam mengurangi dampak kebencanaan, khususya bencana akibat kualitas udara yang buruk.

Bentuk penelitian adalah melakukan penelitian bersama antara tim Jurusan Statistika IST Akprind Yogyakarta sebagai Tim Peneliti Pengusul (TPP) dengan tim dari Jurusan Statistika dan Teknik Lingkungan Universitas Islam Indonesia sebagai Tim Peneliti Mitra (TPM). Tim TPP adalah Kris Suryowati, S.Si.,M.Si dan Rokhana Dwi Bekti, S.Si, M.si, sedangkan tim TPM adalah Rohmatul Fajriyah, S.Si, M.Si, Ph dan Eko Siswoyo, ST, MSc.ES, MSc, Ph.D. Selain itu, tim mahasiswa juga berpartisipasi.

Dengan kerjasama ini maka hasil analisis statistic lebih mendalam, serta mendapatkan fasilitas alat pengambilan sampel udara dan labolatorium untuk uji parameter udara. Tim TPM telah memiliki software-software pendukung analisis spasial dan labolatorium Kualitas Lingkungan yang terakreditasi KAN dengan ISO 17025 sejak 2011 serta memilki fasilitas uji udara yang terdiri dari 63 parameter uji.

Sebagai awal langkah penelitian, pada 5 April 2018 tim TPP melakukan kunjungan di TPM untuk koordinasi penelitian dan mempersiapkan rencana pengambilan sampel kuaitas udara.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here