OLMAT 2018

Berikut adalah Narasi Olmat Tahun 2017

Olimpiade Matematika (OLMAT) 2017 HIMASTA IST AKPRIND Yogyakarta

Sebanyak 66 siswa/i SMA/MA dari DIY dan Jawa Tengah mengikuti olimpiade matematika SMA/MA 2017 di Kampus IST AKPRIND Yogyakarta, pekan kemarin. Dalam acara yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Statistika (HIMASTA) jurusan statistika, fakultas sains terapan IST AKPRIND ini, keluar sebagai juara satu sampai tiga, Kholida Nailul Muna (MAN 1 Wonokromo), Muhammad Zunan Alfikri (SMAN 1 Yogyakarta), dan Satrio Dimas Herlambang (SMAN 8 Yogyakarta).

Juara 1 mendapatkan tropi gubernur DIY dan uang pembinaan, Juara 2 mendapatkan tropi walikota yogyakarta dan uang pembinaan, serta juara 3 tropi rektor IST AKPRIND dan uang pembinaan. “Ini merupakan ajang olimpiade matematika pertama yang diselenggarakan oleh himpunan mahasiswa statistika yang diikuti siswa/i SMA se-DIY dan Jateng” ungkap ketua panitia olmat himasta 2017, Maria Audentia Y. Mbani di kampus Balapan Yogya, senin (30/1).

Olmat himasta 2017 yang mengangkat tema “Math as the art of problem solving” ini dibuka oleh wakil rektor 3, Ir. Joko Waluyo,MT., dan dimeriahkan penampilan mahasiswa jurusan statistika, diantaranya band akusti, paduan suara statistika, dan talk show.

Talk show menampilkan Riska Indah Safitri, mahasiswa jurusan statistika penerima beasiswa penuh sampai lulus dari IST AKPRIND, serta Sri Wahyuningsih, mahasiswa berprestasi program kreativitas mahasiswa bidang kewirausahaan yang berhasil lolos dan didanai oleh Ditjen Dikti. Sedangkan pengenalan profil jurusan statistika disampaikan oleh ketua jurusan statistika, Ibu Kris Suryowati, S.Si. M.Si.

Olimpiade Statistika ini diangkat dari latar belakang pemikiran para pelajar SMA yang pada umumnya beranggapan bahwa Statistika itu sulit .Oleh karena itu kami ingin mengubah pemikiran tersebut bahwa Statistika itu mudah dan menyenangkan.

Pada kesempatan ini Himpunan Mahasiswa Statistika IST Akprind Yogyakarta memohon kerja sama Kepala Sekolah maupun Guru untuk memotivasi para siswa/i dalam kegiatan OLMAT 2017 ini.