e09ae3a5-efeb-41af-9bee-fe2e5a939231

Himpunan Mahasiswa Statistika (HIMASTA) jurusan Statistika, Fakultas Sains Terapan IST AKPRIND Yogyakarta telah menyelenggarakan Olimpiade Matematika (OLMAT) tingkat SMA/MA Sederajat se-Jawa pada 10 Februari 2020. Kegiatan ini merupakan program kerja tahunan Himasta IST AKPRIND Yogyakarta yang dilatarbelakangi oleh begitu banyaknya pemikiran para pelajar SMA/MA yang menganggap bahwa matematika itu sulit dan menjadi “momok” bagi mereka karena sarat dengan rumus-rumus dan juga hitung-hitungan yang rumit. Namun, di lain pihak masih banyak pelajar SMA/MA Sederajat yang menyukai dan berpikiran bahwa matematika itu menyenangkan dan mudah untuk dipelajari. Selain itu, dengan mempelajari matematika kita juga dapat melatih kemampuan siswa untuk berpikir kreatif dan kritis serta dapat memecahkan masalah dengan matematika.

2a34757b-01ab-48a4-a942-58e26b9274e9

Olimpiade Matematika HIMASTA 2020 yang mengangkat tema “Challenge Your Ability with Mathematics to Create a Smart Generation” dimeriahkan oleh penampilan Mahasiswa jurusan Statistika, diataranya Akustik Variance HIMASTA, PSS (Paduan suara statistika), dan Seni Tari.

Kegiatan yang diselenggarakan di Auditorium kampus 1 IST AKPRIND Yogyakarta ini diikuti oleh 50 orang siswa dari 17 sekolah. OLMAT tahun yang diselenggarakan tahun ini dijuarai oleh Fernando Nathaniel Sutanto (SMA Santa Maria 1 Cirebon) sebagai Juara 1, Hilal Rosyid Putra (SMAN 1 Karanganom) sebagai Juara 2, Rambang Prayoga Priyono (SMAN 1 Surakarta) sebagai juara 3. Adapun Juara 1 mendapatkan trofi gubernur DIY dan trofi Walikota serta uang pembinaan, Juara 2 mendapatkan trofi rektor  IST AKPRIND Yogyakarta dan uang pembinaan, serta juara 3 mendapatkan trofi Dekan Fakultas Sains Terapan IST AKPRIND Yogyakarta dan uang pembinaan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here