Olimpiade Matematika Tingkat SMA/MA/SMK Sederajat Se-DIY dan Jawa Tengah 2019

Himpunan Mahasiswa Jur. Statistika, FST,  Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

 

Himpunan mahasiswa Jurusan Statistika (HIMASTA), Fakultas Sains Terapan, Institut Sains & Teknologi AKPRIND (ISTA) menyelenggarakan lomba Olimpiade Matematika (OLMAT) 2019 antar SMA/MA/SMK se- DIY dan Jawa Tengah pada  Senin 28 Januari 2019  di Ruang Auditorium IST AKPRIND. Lomba diikuti oleh  92 siswa. OLMAT HIMASTA 2019 yang mengangkat tema “Mengintegrasikan Prestasi dan Intelektual Demi Mewujudkan Generasi Milenial yang Matematis”. Menurut ketua jurusan Statistika,  IST AKPRIND Kris Suryowati, S.Si. M.Si. kegiatan ini merupakan kegiatan rutin jurusan Statistika  dalam rangka pengenalan dan promosi jurusan juga menumbuhkan siswa/i untuk menyenangi Matematika mengingat matematika sebagai basic science. Sampai saat ini masih menjadi momok masyarakat.

OLMAT HIMASTA 2019 ini dibuka oleh Dekan Fakultas Sains Terapan, Dra. Noeryanti, M.Si.. Pada kegiatan ini dimeriahkan penampilan mahasiswa jurusan Statistika, diantaranya band akustik, paduan suara statistika, dan talk show. Pada OLMAT 2019 sebagai juara satu diraih oleh Sultan Alta Alvaro Valencia dari MAN 2 Sleman, juara kedua diraih oleh Abdul Rasyid Faqih dari SMAN 1 Andong, dan  Juara 3 diraih oleh Bagus Ferdian Nur A dari MAN 3 Bantul. Juara 1 mendapatkan tropi bergilir gubernur DIY, tropi walikota Yogyakarta dan uang pembinaan, Juara 2 mendapatkan tropi rektor dan uang pembinaan, serta juara 3 mendapat tropi Dekan Fakultas Sains Terapan IST AKPRIND dan uang pembinaan.

OLMAT 2019 merupakan merupakan ajang Olimpiade Matematika ketiga yang diselenggarakan oleh himpunan mahasiswa statistika (HIMASTA) IST AKPRIND Yogyakarta yang diikuti siswa/i SMA/MA/SMK se-DIY dan Jateng” pada perkembangan peserta OLMAT pada setiap tahunnya selama tiga tahun terakhir  mengalami peningkatan, sigifican. Hal ini menunjukkan bahwa diera milenium ini siswa/siswi SLTA khususnya yang menyenangi dan hobi matematika  meningkat, ungkap ketua Jurusan Statistika, hal ini tidak lepas dari peran serta  guru pendamping sekolah. Oleh karena itu atas nama panitia OLMAT HIMASTA 2019, ketua HIMASTA, Wayan Dwi Kurniawan, di kampus Balapan Yogya, senin (28/1mengucapkan terima kasih kepada sekolah dan bpk/ibu pendamping yang telah ikut berpartisipasi mengikutkan siswa/siswi dalam OLMAT HIMASTA 2019.

Talk show menampilkan Dody Rifai Deny Boy Sihite dan Zulfikar Adi Nugroho sebagai Alumni jurusan statistika yang sudah bekerja di Intansi ternama di Indonesia. Rahmat Deswanto, mahasiswa jurusan statistika penerima beasiswa penuh sampai lulus dari IST AKPRIND, serta Gideon Eka Dirgantara, mahasiswa berprestasi IST AKPRIND. Sedangkan pengenalan profil jurusan statistika disampaikan oleh ketua jurusan statistika,  Kris Suryowati, S.Si. M.Si.

foto 1

Juara I. Sultan Alta Alvaro Valencia dari MAN 2 Sleman, mendapat piala bergilir dari Gubernur  DIY  dan uang pembinaan.

foto 2

Juara II Abdul Rasyid Faqih dari SMAN 1 Andong mendapat Tropi Walikota Yogyakarta dan uang pembinaan

 

foto 3

Juara III  Bagus Ferdian Nur A dari MAN 3 Bantul mendapat tropi Dekan Fakultas Sains Terapan IST AKPRIND dan uang pembinaan.

 

foto 4 foto 5

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here