IMG-20180228-WA0005

IMG-20180228-WA0006

Di awal tahun 2018, KOMA Youth Collaboration mengadakan kegiatan Indonesian Youth Collaboration Forum (IYCF) 2018. Kegiatan itu merupakan sebuah wadah kolaborasi pemuda Indonesia untuk menampung aspirasi pemuda dari 34 provinsi di Indonesia. Gideon Eka Dirganta, Mahasiswa dari Jurusan Statistika, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta berasama tim berhasil lolos seleksi melalui essay tentang pendidikan dan pariwisata di Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Sehingga Gideon bersama tim menjadi Delegasi IYCF 2018 perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tim tersebut berasal dari berbagai perguruan tinggi diantaranya dari UPN, Respati, dan UNY diantaranya Eka Fitriany Putri Adhitia, Fadhilah Permata Nir, Lidya Sarastiana S dan Marcelinus Afrisge.

Kelolosan tersebut berhasil membawa tim untuk mengikuti suatu forum di Shunda Hotel, Denpasar Utara Bali Tanggal 23 – 25 Februari 2018. Semua mahasiswa terpilih sebagai delegasi dari seluruh propinsi di Indonesia hadir di acara tersebut, yaitu sejumlah 170 peserta. Pada forum ini, tim Gideon mengambil topik yang didasarkkan pada saran kebijakan pemerintah UU no. 79 RKP 2017 tentang kebijakan yang diambil Pemuda dan UU, yaitu tentang peningkatan pendidikan dan pariwisata di NTT. Hal ini sebagai landasan program yang nanti akan dijalankan ebih ke arah bina desa.

Selamat untuk tim, selamat berjuang untuk deklarasi pemuda nasional dan rencana aksi pemuda. Rencana aksi tersebut merupakan bentuk kontribusi nyata yang akan dilakukan pemuda Indonesia untuk menopang proses pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Kegiatan selanjutnya adalah ada pembentukan sekolah sadar wisata 4A ( Attraction,Amenity, Accessibility, Ancillary Service) sebagai upaya peningkatan pendidikan dan kualitas SDM serta penyokong pembangunan infrastruktur dan pariwisata NTT. Namun menunggu persetujuan Gubernur NTT.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here