Galeri

LOGO OLMAT 2018WhatsApp Image 2017-10-25 at 10.09.54

 

Gilang Damar Mukti, siswa dari SMAN 1 Boyolali berhak membawa pulang piala bergilir Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X setelah menjadi yang terbaik dalam gelaran Olimpiade Matematika (OLMAT) IST AKPRIND 2018. Gilang juga berhak atas piala tetap Walikota Yogyakarta serta uang pembinaan sebesar 1,25 juta rupiah dari kegiatan yang diselenggarakan di auditorium IST AKPRIND, Sabtu (20/1) tersebut. Sementara peringkat 2 mendapatkan piala Rektor IST AKPRIND dan uang pembinaan sebesar satu juta rupiah diraih Muhammad Zunan Al Fikri dari SMAN 1 Yogyakarta. Sedangkan Peringkat 3 direbut oleh Wisatsana Roychan dari SMAN 1 Andong, Boyolali dan mendapatkan piala Dekan Fakultas Sains Terapan (FST) serta uang pembinaan 750 ribu.

OLMAT yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Statistika IST AKPRIND (HIMASTA) diikuti puluhan siswa dari berbagai SMU/SMK/MA sederajat terutama dari wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Ketua paniia kegiatan, Aloisius Lusi Uran mengatakan bahwa OLMAT merupakan agenda rutin tahunan HIMASTA. Pada tahun 2018 ini pihaknya sengaja menyelenggarakan pada awal tahun. Dengan penyelenggaraan pada awal tahun, harapannya tidak menganggu siswa yang akan mempersiapkan diri dalam pelaksanaan ujian akhir. Aloisius Lusi Uran menambahkan, melalui even yang mengambil tema “ Panorama Dunia dalam Barisan dan Deret Prestasi Matematika” ini diharapkan dapat memajukan pendidikan secara umum di Yogyakarta dan Jawa tengah dan bidang matematika pada khususnya. Dengan olimpiade ini diharapkan pula mampu menumbuhkan mindset pelajar Yogyakarta dan Jawa Tengah bahwasannya matematika itu tidak sulit melainkan mudah dan menyenangkan. Sementara Ketua HIMASTA Dygta Hadinagara yang didampingi Ketua Jurusan Statistika Kris Suryowati, S.Si, M.Si mengemukakan, HIMASTA merupakan suatu wadah bagi mahasiswa Jurusan Statistika untuk mengembangkan keterampilan (softskill) dan wawasan mereka dalam berorganisasi. Mahasiswa sebagai agen perubahan (agent of change) dituntut untuk dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Salah satu visi dari (HIMASTA) adalah meningkatkan sumber daya manusia baik internal maupun eksternal. Untuk menjaga eksistensinya HIMASTA selalu berusaha aktif dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang dapat memajukan Sumber Daya Manusia khususnya di Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta dan masyarakat sekitar pada umumnya. (tdj)

 

Olimpiade Matematika (OLMAT) 2017 HIMASTA IST AKPRIND Yogyakarta

Sebanyak 66 siswa/i SMA/MA dari DIY dan Jawa Tengah mengikuti olimpiade matematika SMA/MA 2017 di Kampus IST AKPRIND Yogyakarta, pekan kemarin. Dalam acara yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Statistika (HIMASTA) jurusan statistika, fakultas sains terapan IST AKPRIND ini, keluar sebagai juara satu sampai tiga, Kholida Nailul Muna (MAN 1 Wonokromo), Muhammad Zunan Alfikri (SMAN 1 Yogyakarta), dan Satrio Dimas Herlambang (SMAN 8 Yogyakarta).
Juara 1 mendapatkan tropi gubernur DIY dan uang pembinaan, Juara 2 mendapatkan tropi walikota yogyakarta dan uang pembinaan, serta juara 3 tropi rektor IST AKPRIND dan uang pembinaan. “Ini merupakan ajang olimpiade matematika pertama yang diselenggarakan oleh himpunan mahasiswa statistika yang diikuti siswa/i SMA se-DIY dan Jateng” ungkap ketua panitia olmat himasta 2017, Maria Audentia Y. Mbani di kampus Balapan Yogya, senin (30/1).
Olmat himasta 2017 yang mengangkat tema “Math as the art of problem solving” ini dibuka oleh wakil rektor 3, Ir. Joko Waluyo,MT., dan dimeriahkan penampilan mahasiswa jurusan statistika, diantaranya band akusti, paduan suara statistika, dan talk show.
Talk show menampilkan Riska Indah Safitri, mahasiswa jurusan statistika penerima beasiswa penuh sampai lulus dari IST AKPRIND, serta Sri Wahyuningsih, mahasiswa berprestasi program kreativitas mahasiswa bidang kewirausahaan yang berhasil lolos dan didanai oleh Ditjen Dikti. Sedangkan pengenalan profil jurusan statistika disampaikan oleh ketua jurusan statistika, Ibu Kris Suryowati, S.Si. M.Si.
Olimpiade Statistika ini diangkat dari latar belakang pemikiran para pelajar SMA yang pada umumnya beranggapan bahwa Statistika itu sulit .Oleh karena itu kami ingin mengubah pemikiran tersebut bahwa Statistika itu mudah dan menyenangkan.
Pada kesempatan ini Himpunan Mahasiswa Statistika IST Akprind Yogyakarta memohon kerja sama Kepala Sekolah maupun Guru untuk memotivasi para siswa/i dalam kegiatan OLMAT 2017 ini.