Pelatihan Marketplace bagi UMKM di Desa Prwosari Wonogiri

Pelatihan Marketplace bagi UMKM di Desa Prwosari Wonogiri

Pelatihan marketplace merupakan salah satu bentuk kegiatan peningkatan pasar yang diselenggarakan oleh tim Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) jurusan statistika Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta. Pelatihan ini dilaksanakan pada hari  Sabtu, 04 Desember 2021 pukul 13.00 hingga selesai pukul 15.00 WIB. Kegiatan pelatihan marketplace diikuti oleh 15 orang anggota tim PHP2D dan beberapa perwakilan dari setiap UMKM yang ada di desa Purwosari kabupaten Wonogiri. Dalam kegiatan marketplace, materi yang disampaikan berupa teori dan praktek. Yang dimana mulai dari langkah-langkah pembuatan akun shopee, daftar akun, daftar toko, melengkapi profil toko, cara upload produk pertama, hingga cara menerima pesanan di shopee. Dalam kegiatan pelatihan yang disampaikan oleh beberapa anggota tim PHP2D, ditekankan bahwa pentingnya menggunakan shopee dalam melakukan promosi ataupun penjualan produk. Hal ini dikarenakan aplikasi shopee mudah digunakan, cara pembayarannya pun beragam, menyediakan fitur COD (Cash On Delivery), serta memberikan berbagai macam promo yang menarik.

Pelatihan yang diikut oleh beberapa UMKM dapat berjalan dengan lancar. Dalam sesi tanya jawab, peserta pelatihan marketplace menanyakan terkait bagaimana perolehan diskon 11.11 pada shopee. Lalu, berdasarkan penuturan dari Egatya, yang merupakan salah satu pembawa materi dalam kegiatan pelatihan marketplace mengatakan bahwa “Diskon 11.11 diperoleh berdasarkan undangan langsung dari shopee dengan ketentuan yaitu mempertahankan point pinalti tetap 0, meningkatkan penilaian toko, presentase chat dibalas, dan tingkat pesanan terselesaikan, serta kecepatan pengiriman. Setelah itu, toko akan mendapatkan undangan dari pihak shopee. “.

Pelatihan marketplace ini diyakini mampu memberikan dampak positif dalam penjualan produk, yakni mampu meningkatkan strategi pemasaran serta memperluas jaringan agar produk dapat dikenal lebih luas pada kalangan masyarakat serta mampu bersaing sehat dengan produk lainnya.

Open chat
1
Selamat datang di layanan Jurusan Statistika IST AKPRIND.

Terimakasih telah menghubungi kami, Admin kami akan segera membalas pesan anda.